Hari Filateli Indonesia

Hai, Youngsters!!! ISYF kembali lagi nih dengan informasi seru yang tentunya bermanfaat bagi kamu. Tentang apa info ISYF kali ini? Check this out!

Di zaman yang semakin canggih ini, penggunaan gadget sebagai alat bertukar informasi menjadi primadona di masyarakat. Mulai dari smartphone, tablet, laptop, dan lain sebagainya yang mendominasi penggunaan alat komunikasi di dunia. Alat-alat komunikasi yang dulunya sering digunakan untuk bertukar informasi mulai ditinggalkan, seperti koran, telegram, surat dan lainnya. Penggunaan surat sebagai alat bertukar komunikasi pernah menjadi sangat populer.

Untuk dapat mengirimkan surat kepada seseorang, orang yang mengirimkan harus memenuhi persyaratan agar surat tersebut layak untuk dikirimkan oleh kantor pos, seperti prangko, amplop, dan lainnya. Ternyata, ada beberapa masyarakat yang merasa tertarik dengan peralatan atau benda-benda pos. Mereka mengumpulkan berbagai macam benda-benda pos yang kemudian disebut dengan filateli.

John Edward Gray merupakan orang pertama yang melakukan kegiatan filateli. Dia adalah seorang penduduk di Inggris Raya. Bukan hanya mengkoleksi prangko, tapi lelaki ini juga mempelajari bahkan meneliti tentang prangko.

Lain di dunia, Indonesia memiliki sejarah tersendiri terkait filateli. Di Indonesia, perkembangan filateli bermula pada tahun 1922 dimana didirikan sebuah perkumpulan filatelis dengan nama Postzegelverzamelaars Club Batavia yang seiring berjalannya waktu berubah menjadi Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) yang masih eksis sampai sekarang.

Mungkin banyak yang tidak mengetahuinya, namun ternyata pada tanggal 29 Maret ditetapkan sebagai Hari Filateli Indonesia. Hari ini sesuai dengan hari berdirinya Postzegelverzamelaars Club Batavia pada tahun 1922. Biasanya hari peringatan ini hanya diketahui oleh sesama filatelis dan penyedia benda-benda incaran filatelis sepeti kantor pos.

Meskipun sudah tidak sering digunakan, setidaknya kita sebagai bangsa muda yang peduli dan peka tidak boleh melupakan sejarah. Ingat kata Bung Karno, JASMERAH! Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah! Akhir kata, Selamat Hari Filateli Indonesia..!

 

 

Sumber :

id.wikipedia.org

filatelisindonesia.wordpress.com

kompasiana.com

Iffadhiya Fathin Adiba

Content Writer

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara

[ultimate_fancytext strings_textspeed=”35″ strings_backspeed=”0″ fancytext_strings=”Powered by
Media Officer Team ISYF”]
Previous Post
Seni Bagi Penderita Gangguan Kejiwaan
Next Post
Hari Kartini : Lahirnya Emansipasi Wanita

No results found.
keyboard_arrow_up