Hari Musik Nasional

Hai youngster ! Apa sih yang kalian lakuin kalau lagi bosan ? Membaca novel ? Travelling ? Atau mendengarkan musik ? Nah, kebanyakan orang akan melakukan hal-hal yang menyenangkan saat ia merasa bosan. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Siapa sih yang gak suka musik ? Kayaknya hampir setiap orang suka dengan musik. Dan pastinya setiap orang punya musisi idolanya masing-masing. Nah bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang jatuh pada hari ini, 9 Maret 2017 kita akan membahas tentang 5 musisi Indonesia yang mendunia. Penasaran ? Check it out !!!

  1. Agnez Monica

Yang pertama ada Agnez Monica Muljoto. Siapa sih yang tidak mengenal penyanyi satu ini ? Penyanyi dengan nama panggung AgnezMo ini mengawali karir sebagai penyanyi cilik sejak umur enam tahun. Agnez telah merilis tiga album anak-anak dan berhasil masuk ke jajaran penyanyi cilik populer di era 1990-an. Pada 8 Oktober 2003, Agnes merilis album dewasa pertamanya bertajuk And the Story Goes. Saat ini ia menjadi salah satu penyanyi Indonesia yang menitih karir di dunia internasional. Dengan rilisnya single terbarunya bertajuk As Long I Get Paid pada September 2017 lalu, AgnezMo tampil sangat mengejutkan. Ia tampil cantik dalam balutan kebaya batik rancangan desainer ternama Indonesia, Anne Avantie.

  1. Anggun C. Sasmi

Penyanyi yang satu ini merupakan penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional. Namanya mulai melambung setelah merilis singel berjudul “Mimpi” pada tahun 1989. Pada tahun 1994, Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional dan mengeluarkan album pertamanya berjudul Snow on the Sahara yang rilis pada tahun 1997 di 33 negara. Salah satu prestasi terbesarnya adalah pada Januari 2015, Anggun menjadi juri di ajang pencarian bakat Asia’s Got Talent bersama David Foster, Melanie Chisholm, dan Vanness Wu.

  1. Sandhy Sandoro

Sandhy Sandoro merupakan penyanyi yang lahir di Jakarta. Namun, ia lebih dikenal semenjak memenangkan Kontes Internasional dari Young Pop Singer di New Wave, Jurmala, Latvia pada 2009 lalu. Sandhy Sandoro sendiri justru memulai karirnya di dunia musik dari mengamen di bar, metro dan juga stasiun di Berlin, Jerman untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Setelah mengeluarkan album berjudul Why Don’t We pada 25 April 2008, pada akhirnya karya musiknya mendapat apresiasi positif di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya.

  1. Mocca

Mocca adalah kelompok musik indie asal Bandung yang beranggotakan Riko Prayitno (gitar), Arina Ephipania (vokal dan flute), Achmad Pratama (bass), dan Indra Massad (drum). Pada tahun 2003 mereka mengeluarkan album perdana dengan judul “My Diary” dan langsung melejit di pasaran. Lagu-lagu Mocca lebih banyak menggunakan bahasa Inggris karena disesuaikan dengan warna lagu pop dengan sentuhan twee pop, swing pop dan suasana ala 60-an. Grup Mocca sudah sangat akrab di telinga masyarakat Asia. Bahkan Mocca berhasil mencuri hati masyarakat Korea dan diundang di acara TV Korea. Sedangkan di Jepang, salah satu lagu Mocca menjadi theme song di salah satu iklan.

5.Joey Alexander

Terakhir, ada Joey Alexander. Di antara empat musisi tadi, yang satu ini adalah yang termuda. Remaja 14 tahun ini merupakan pianis jazz Indonesia yang sudah sangat terkenal di dunia dan berhasil memenangkan Grand Prix di Master-Jam Festival tahun 2013 lalu serta berhasil tampil di Montreal dan Newport Jazz Festival tahun 2015. Di usianya yang masih sangat muda, Joey berhasil menjadi seniman Indonesia pertama yang masuk ke Billboard 200 chart. Prestasi lain yang telah ditorehkan oleh seniman muda ini adalah ia berhasil menyabet 3 piala Grammy, yakni : Best Improvised Jazz Solo di tahun 2016 dan 2017 serta Best Jazz Instrumental Album di tahun 2016.

Sumber : www.shopback.co.id

Sumber foto : jazzradio.fr

Tri Jati Pamungkas

Content Writer

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia

Previous Post
Idealisme tanpa Aksi bagai Revolusi tanpa Reformasi
Next Post
Pendidikan Sebagai Tolok Ukur Kebahagiaan Suatu Bangsa

No results found.
keyboard_arrow_up