Sherina Salsabila (FOR 9): Penulis Muda dengan 35 Judul Buku

Halo, Youngsters! Apa kabarnya nih? Tidak terasa rangkaian acara Forum Pelajar Indonesia ke-10 (FOR X) tinggal menghitung hari. Untuk itu, di edisi kali ini  kita punya rubrik spesial menuju hari H FOR X yakni rubrik ‘Kabar Alumni’.  Nah, kira-kira siapa ya alumni FOR yang berhasil kita liput sebagai narasumber kece nan berprestatif di rubrik ‘Kabar Alumni’ ini? Check it out!

Narasumber kita di edisi kali ini adalah Sherina Salsabila. Gadis yang akrab disapa Shera ini merupakan alumni FOR 9 yang sudah menerbitkan 35 judul buku, lho! Tim media ISYF berhasil mewawancarai Shera di sela kesibukannya sebagai seorang penulis. Saat ini ia sedang menunggu pengumuman untuk lanjut kuliah beasiswa ke luar negeri  dan menulis naskah-naskah novel yang sudah diterima di beberapa penerbit. Ia juga sedang menunggu rilis novel teenlit pertamanya yang juga sebagai buku ke-35nya. Wow!

“Asli, aku tahu FOR dari temen-temenku yang sering berkegiatan sepertiku. Dan rasanya, kalau aku gak ikutan acara keren bernama Forum Pelajar Indonesia itu rasanya masa remajaku yang super aktif di putih abu-abu enggak komplit,” ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa ia banyak menerima manfaat setelah ikut FOR. Salah satu manfaatnya adalah mempunyai banyak teman dan keluarga baru dari seluruh nusantara.  Hal tersebut menambah networking untuknya yang berprofesi sebagai seorang penulis.

Bagi Shera, FOR memfasilitasi passionnya sebagai penulis. FOR membuatnya memiliki banyak gagasan cerita dan hal-hal baru yang memotivasinya untuk menulis. Selain itu, dari kegiatan FOR, ia dapat belajar bagaimana cara menyampaikan kritik, opini, serta saran dengan baik yang pastinya sangat berguna baginya yang kerap kali mengkritisi sesuatu.

“Pelajar Indonesia harus banget ikut FOR. Selain bisa bertemu orang-orang hebat, dan pergi ke tempat-tempat yang keren, juga bisa ketemu temen dari seluruh Indonesia yang unik dengan kebudayaannya masing-masing. Di FOR juga kesabaran, kekuatan, dan kecerdasa kamu bakal diuji. Menantang banget gak tuh? Haha” ungkapnya ketika ditanya mengapa pelajar Indonesia harus banget ikut FOR. Shera juga menambahkan tips ‘survive’ selama di FOR, “Karena kegiatan FOR yang padat banget, maka jaga kesehatan dengan makan tepat waktu dan minum vitamin. Intinya, jangan sampai sakit. Terus, berteman sebanyak-banyaknya jangan cuma sama teman se-delegasi. Harus aktif dan gak gengsi untuk ngajak teman ngobrol duluan”

Pengalaman paling berkesan selama FOR bagi Shera adalah saat kegiatan Meet the CEO di @america. Ia dan teman-temannya izin ke toilet secara bersamaan dan mencari toilet yang paling jauh di lantai atas. Sebagai anak muda, ia juga tidak melewatkan berfoto ala-ala di toilet hingga akhirnya terciduk panitia. “Haha, oke ini tidak baik dicontoh. Serius. Tapi berkesan banget buat aku, sampai kita dilabeli ‘Delegasi Toilet’ hehe”

Last but not least, Shera juga punya pesan untuk peserta FOR X yang sebentar lagi akan menjalani agenda FOR. “Pokoknya jaga kesehatan, dan persiapkan diri sebaik-baiknya untuk keseruan-keseruan ‘gak terduga’. Apalagi ini Satu Dekade FOR, bakal pecah banget gak sih. So, prepare yourself!”

 

PROFIL ALUMNI

Nama Lengkap                     : Sherina Salsabila

Nama Panggilan                   : Shera/Sherina

Tempat, Tanggal Lahir          : Padang, 29 Oktober 2000

Institusi                                 : Alumni SMAN 67 Jakarta

Program ISYF                        : FOR 9

Media Sosial                         : sheracroft (Instagram)

Motto                                   : Menjadi makhluk sosial yang memberi manfaat untuk hidup dan kehidupan

Prestasi                                 :

1. Juara I Lomba Menulis Cerita Remaja Islam, Kementerian Agama RI, 2017

  1. Medali Emas Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia Kemendikbud, 2016
  2. Duta Bahasa Jawa Barat 2018
  3. Juara I Nasional Lomba Menulis Cerita Kemendikbud, 2012
  4. Juara I Nasional Children Helping Children Tupperware, 2012

Syafina Amorita Candini

Content Writer

Mahasiswi Universitas Indonesia

Previous Post
Persiapan Delegasi Sumatera Utara : Likak Likuk Kisah Anak Sumut
Next Post
Siaran Pers – ISYF Kembali Selenggarakan Forum Pelajar Indonesia untuk ke-10 Kalinya

No results found.
keyboard_arrow_up