Hari Air Sedunia (World Water Day): Air sebagai Sumber Harapan Masa Depan

Halo, Youngsters! Tahukah kamu betapa pentingnya air bagi kehidupan kita? “Air adalah sumber kehidupan” merupakan ungkapan yang sering kita dengar dan hal ini juga mengisyaratkan bahwa betapa pentingnya air. Bayangkan saja, kita tidak dapat terlepas dari air walau hanya satu hari. Bahkan, jika tidak ada air harapan hidup bahagia di masa depan akan sirna. Youngsters, pasti kita semua sadar bahwa air bersih merupakan salah satu unsur yang tidak kalah pentingnya seperti udara. Mungkin kita bisa tidak makan 2 atau 3 hari, namun bisa dibayangkan jika kita sehari saja tidak minum tentu kita akan “kolaps”.

Tahukan kalian, youngsters? Air menutupi lebih dari 70% permukaan bumi. Sumber air bisa kita dapatkan di sungai, danau, mata air, dan sumber air tanah. Namun pada kenyataannya tidak semua air layak minum bisa didapat dari sumber-sumber tersebut, sehingga dibutuhkan berbagai upaya untuk melindungi sumber mata air kehidupan kita. Barangkali kita masih bisa menikmati air berlimpah untuk saat ini, tetapi di tempat lain banyak yang kesulitan bahkan untuk sekadar mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi. Menurut UNICEF, satu dari enam anak di Indonesia masih belum memiliki akses air minum yang aman. Negara kita juga tercatat sebagai satu dari sepuluh negara yang dua per tiga populasinya tidak memiliki akses ke sumber air minum.

Oleh karena itu youngsters marilah kita bersama-sama menjaga dan melindungi sumber mata air kita. Kalau bukan kita, siapa lagi? Sayangilah anak dan cucu kita di masa yang akan datang, jika sekarang saja kita tidak dapat melindungi sumber mata air bersih maka bagaimana di masa depan nanti? Pasti anak cucu kita akan mendapat air mata kesengsaraan lantaran tidak dapat merasakan nikmatnya air bersih. Kita bisa mencegah ancaman tersebut dengan cara-cara sederhana seperti menghemat penggunaan air di rumah yakni mematikan keran air jika bak air sudah penuh, tidak membuang sampah ke saluran air, sungai, danau, atau sumber air lainnya, serta menjaga kebersihan saluran air kita.

Sumber : kompasiana.com

Cindy Puteri Utami Barus

Content Writer

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara

[ultimate_fancytext strings_textspeed=”35″ strings_backspeed=”0″ fancytext_strings=”Powered by
Media Officer Team ISYF”]
Previous Post
Hari Puisi Sedunia: Berkenalan dengan Penyair Berdiksi ‘Nyentrik’
Next Post
Bandung Lautan Api

No results found.
keyboard_arrow_up