Hari Sejuta Pohon Sedunia

Tahukah kamu, satu batang pohon menghasilkan oksigen yang cukup untuk menjaga satu keluarga beranggotakan empat orang untuk dapat bernapas dengan nyaman selama satu tahun.

Bertepatan dengan tanggal 10 Januari, dunia memperingati hari sejuta pohon. Satu hari untuk mengingatkan kita agar terus menjaga bumi, melestarikan alamnya, melindungi paru-parunya. Agar keindahannya senantiasa terpelihara hingga sampai kepada generasi setelah kita, generasi Alpha. Sebuah momentum untuk meningkatkan awareness kita betapa pentingnya sebatang pohon untuk kehidupan.

Rasulullah bersabda: “Tidak seorang muslim pun yang menanam tanaman atau menaburkan benih, kemudian dimakan oleh burung atau manusia, melainkan dia itu baginya merupakan sedekah.”(Riwayat Bukhari dan Muslim)

Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau, dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, menjadi komponen alam penting bagi manusia dan hewan. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah. (dikutip dari nationalgeographic.co.id)

Memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita, seperti yang sudah umum kita ketahui, Pohon dapat membersihkan udara dari partikel-partikel polutan pencemar udara, menyediakan air bersih, hingga manfaat bagi kesehatan mental manusia. Sebuah penelitian dari Davey Institute dan Departemen Kehutanan AS mengungkapkan bahwa pohon diperkotaan mampu menyelematkan rata-rata satu kehidupan per tahun. (dikutip dari lingkunganhidup.co)

Jadi, Hai! generasi milenials yuk kita lebih aware lagi terhadap pepohonan disekitar kita, dengan sikap sederhana yang punya dampak besar untuk kedepannya, seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok, lebih sering bersepeda atau menggunakan angkutan umum, hingga merecycle barang yang sudah tidak terpakai yang berpotensi mencemari lingkungan.

 

Salam Lestari..

Rizky Agung Maulana

Content Writer

Mahasiswa Institut Teknologi Nasional

Previous Post
3 Hadiah Spesial di Hari Ibu
Next Post
Hari Dharma Samudera

No results found.
keyboard_arrow_up