Jakarta, 3 Agustus 2024-Pada hari kelima pelaksanaan Forum Pelajar Indonesia ke-13, Sabtu (3/8), para peserta  menampilkan berbagai kesenian dan budaya daerahnya melalui Cultural Performance. Sejak pagi, para pelajar terlihat bersemangat mempersiapkan diri dan berhias untuk sesi yang ditunggu-tunggu tersebut. Pakaian adat berbagai warna dan corak yang mereka pakai mewarnai kemeriahan cultural performance yang digelar di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pagi menuju siang itu.

Di tengah sesi, Wakil Walikota Bogor periode 2014-2024 Bima Arya Sugiarto mampir menyapa dan memberi wejangan kepada para peserta Forum Pelajar Indonesia ke-13. Bima menuturkan, anak-anak muda hari ini membutuhkan kesiapan intelektual, mental, dan membangun jejaring guna mencapai Indonesia Emas 2045.

“Dan menurut saya, Forum Pelajar Indonesia ini memberikan itu kepada teman-teman, memberikan jejaring, saling menguatkan, dan juga menimbulkan iklim bersaing yang sehat, yang saling menginspirasi. Jadi selamat untuk teman-teman Forum Pelajar Indonesia, insyaa Allah terus berlanjut ke depannya,” ungkapnya, Sabtu (3/8).

Sesi Cultural Performance menjadi momen yang sangat dinantikan oleh para peserta. Dalam sesi ini, panggung di Anjungan Riau TMII berubah menjadi arena yang penuh warna dengan berbagai kesenian daerah dari 34 provinsi di Indonesia. Tari-tarian tradisional seperti Tari Saman dari Aceh, Tari Kecak dari Bali, dan Tari Tor-Tor dari Sumatera Utara memukau penonton dengan gerakan yang indah dan kostum yang mempesona. Musik tradisional menggema di seluruh ruangan.

Setiap penampilan tidak hanya menunjukkan kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga memperkuat rasa persatuan dan kebanggaan di antara para peserta. Sambil menikmati pertunjukan kesenian yang memukau, para peserta juga disuguhi berbagai makanan khas daerah dari seluruh penjuru nusantara yang dibawakan delegasinya masing-masing.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up