Jakarta, 3 Agustus 2024 – Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang diinisiasi oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) secara resmi ditutup pada 3 Agustus 2024 di Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Inaugurasi ini ditandai dengan pembacaan simbolis “Deklarasi Forum Pelajar untuk Indonesia Emas,” sebuah pernyataan komitmen dari para pelajar Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam membangun masa depan bangsa yang gemilang.

Deklarasi yang diucapkan oleh perwakilan pelajar dari 34 provinsi ini berisi empat poin utama, yaitu:

  1. Kami Pelajar Indonesia berteguh tetap selalu pada Tuhan Yang Maha Esa, Pancasila, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Kami Pelajar Indonesia berjanji untuk terus bersatu, berdaya, berkarya, dan memberikan dampak baik untuk Indonesia.
  3. Kami Pelajar Indonesia berkomitmen menjaga nilai dan semangat kemerdekaan. Berpangku pada nilai dan kecakapan luhur untuk dunia yang lebih baik.
  4. Kami Pelajar Indonesia berjanji dengan sadar untuk terus bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, yakni Indonesia.

Deklarasi ini menggambarkan semangat kebersamaan dan dedikasi para pelajar untuk terus memperjuangkan persatuan, pengembangan diri, dan kreativitas dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Selain pembacaan deklarasi, forum ini juga diakhiri dengan aktivasi gerakan “Merah Putih Gaya Gue!” yang bertujuan untuk mendorong para pelajar mengekspresikan kecintaan mereka terhadap Indonesia melalui cara-cara kreatif dan unik. Gerakan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengekspresikan kebanggaan mereka sebagai anak bangsa, sekaligus memperkuat rasa nasionalisme di kalangan pelajar.

Sebelum kedua agenda tersebut, acara ditutup dengan meriah melalui Youth Special Concert yang menampilkan Mentari Novel, penyanyi sekaligus alumni Forum Pelajar Indonesia. Konser ini menjadi puncak dari rangkaian acara yang telah berlangsung selama enam hari, sejak 30 Juli hingga 4 Agustus 2024, dengan melibatkan 196 pelajar berprestasi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Tentang Forum Pelajar Indonesia                              

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up