Jakarta, 1 Agustus 2024-Forum Pelajar Indonesia ke-13 mengunjungi @America di Mall Pasific Place untuk sesi Meet The CEO dan Hi Alumni, Kamis (1/8). Presiden ExxonMobil Indonesia Carole J. Gall mengisi sesi Meet The CEO, sementara Kenny Ivanzaky Augusta dan Apri Rokhyadi hadir mengisi sesi Hi Alumni.

Sesi di @America terbilang unik sebab satu-satunya yang menggunakan bahasa pengantar asing yaitu Bahasa Inggris. Para pelajar antusias mengajukan pertanyaan kepada para narasumber yang hadir. Meskipun satu-dua orang kurang fasih, namun semuanya percaya diri mengungkapkan isi kepala memakai Bahasa Inggris.

Carole menceritakan perjalanan karirnya di ExxonMobil Indonesia sejak 29 tahun lalu. Kemudian, ia juga mengungkapkan tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menjadi seorang pemimpin yaitu menentukan visi, memastikan lingkungan organisasi kuat dan sehat, serta mencapai tujuan bisnis.

Dalam sesi itu, Carole juga mengapresiasi 196 pelajar hebat yang tergabung dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13. Ia mengaku sangat percaya kekuatan dari pendidikan, bahwa pendidikan yang baik mampu membuat seseorang mencapai cita-citanya. “And I hope that your dreams will be achieved, whatever your dreams are, whether it’s being president or whatever you want to do,” harap Carole ketika membuka sesi, Kamis (1/8).

Sesi selanjutnya diisi oleh Apri sebagai alumni Forum Pelajar Indonesia ke-4 delegasi Jawa Timur. Ia saat ini sedang menjalani program magister di New York. Sebagai alumni, ia mengaku senang sekali bisa kembali dan menyapa adik-adiknya dalam sesi Hi Alumni.

Menurut Apri, Forum Pelajar menjadi wadah bagi para siswa daerah untuk bisa ke Jakarta untuk belajar dan bertemu banyak orang. Hal yang menurutnya paling berkesan ialah momen ke Jakarta selama rangkaian Forum Pelajar Indonesia ke-4.

“Pesannya untuk adik-adik, tetap semangat menjalani serangkaian acara Forum Pelajar Indonesia ke-13. Aku tahu capek banget pasti, tapi it’s once in a lifetime opportunity jadi maksimalkan waktu ini sebaik mungkin,” pesannya, Kamis (1/8).

Selaras dengan Apri, Kenny juga merupakan alumni Forum Pelajar ke-4 asal Jakarta. Saat ini Kenny sedang bekerja di Google, suatu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Ia mengungkapkan, Indonesia Student and Youth Forum merupakan langkah awal karirnya saat ini.

Ketika mengikuti Forum Pelajar Indonesia ke-4, Kenny bersyukur sebab dipertemukan dengan para pelajar hebat dan mengetahui persfektif baru sehingga meningkatkan motivasinya. “Buat adik-adik, tetap semangat. Jangan anti sama kegagalan, jangan compare diri sendiri dengan orang lain. Semangatnya dijaga dan disebarkan ke orang-orang yang enggak lolos di sini,” pungkasnya, Kamis (1/8).

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up