Jakarta, 2 Agustus 2024-Forum Pelajar Indonesia ke-13 mengadakan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna memperkenalkan dan memperdalam pemahaman peserta tentang proses demokrasi dan Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia, Jumat (2/8). Dalam kunjungan ini, peserta mendapatkan sambutan langsung dari Parsadaan Harahap, Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, serta Penelitian dan Pengembangan KPU.

Dalam sambutannya, Parsadaan Harahap mengapresiasi kehadiran peserta dari seluruh Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat untuk menjadi bagian dari Forum Pelajar Indonesia ke-13. Ia turut menerangkan bahwa para pelajar itu sudah atau akan menjadi pemilih dalam Pemilu di kemudian hari.

Ia turut menjelaskan bahwa KPU adalah instrumen utama dalam penyelenggaraan Pemilu di Indonesia serta menekankan pentingnya memahami tahapan Pemilu, sejarah Pemilu di Indonesia, serta peran berbagai pihak dalam proses tersebut.

“Kami ingin mengedukasi peserta yang merupakan pemilih pemula untuk menjadi pemilih cerdas. Pemilih cerdas itu memilih dengan rasional, tidak pakai perasaan,” tambahnya, Jumat (2/8).

Peserta yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi selama sesi tersebut. Mereka diberikan kesempatan untuk bertanya dan mendiskusikan berbagai aspek Pemilu, termasuk cara meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan pentingnya integritas dalam proses pemilihan.

Salah satu peserta asal Sulawesi Tengah, I Made Aldo Valentino mengungkapkan bahwa kunjungan ke KPU sangat seru dan memberikan banyak pengetahuan baru tentang Pemilu yang sebelumnya tidak ia ketahui.

Meskipun tidak sempat bertanya, Aldo tetap merasa puas dengan pengalaman tersebut. “Super seru banget bisa foto di sana, jadi punya kenangan selama di Jakarta mengikuti FOR 13. FOR 13 super gokil dan keren banget!” tuturnya, Jumat (2/8).

Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen Forum Pelajar Indonesia untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Dengan mengunjungi KPU, diharapkan peserta dapat memahami pentingnya peran mereka sebagai pemilih dalam menentukan masa depan bangsa.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up