Jakarta, 2 Agustus 2024-Forum Pelajar Indonesia ke-13 mengangkat beberapa isu yang dianggap krusial guna mendukung visi Indonesia Emas 2045, salah satunya kewirausahaan. Untuk itu, peserta Forum Pelajar Indonesia berkunjung ke Kementerian Perdagangan, Jumat (2/8). Wakil Menteri Pedagangan RI Jerry Sambuaga dan Sekretaris Badan Kebijakan Perdagangan Ari Satria menyambut langsung 196 pelajar dari seluruh Indonesia.

Pada awal sesi, Ari menjelaskan tugas pokok dari Kementerian Perdagangan, seperti mengurus hal yang berkaitan dengan perdagangan, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Kementerian Perdagangan mengurus regulasi, pembinaan terhadap pelaku usaha, aksesibilitas ekspor-impor di Indonesia, dan sebagainya.

Jerry berharap, peserta yang bergabung dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 bisa bersiap menghadapi tantangan perdagangan global. Dua langkah yang penting untuk dilakukan adalah digitalisasi dan penerapan ekonomi hijau.

“Para pemuda harus optimis akan perdagangan global sebab data saat ini menunjukkan tren positif kondisi perdangan di Indonesia dari berbagai sisi,” ungkap Jerry, Jumat (2/8).

Selain itu, Ari berharap para peserta Forum Pelajar Indonesia ke-13 bisa berkarya serta memberikan kontribusi positif agar mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Setelah sesi presentasi berakhir, para peserta berebut untuk menanyakan isi kepala dan catatan mereka kepada dua narasumber keren tersebut.

Salah satu peserta asal Jawa Timur, Javier Lilo Mahardika menuturkan, dirinya sangat terkesan dengan Gedung Kementerian Perdagangan serta materi yang disampaikan. Menurutnya, Forum Pelajar Indonesia ke-13 super keren, seru, dan menyenangkan bagi dirinya yang berasal dari daerah.

“Materi yang disampaikan juga keren dan pematerinya juga jauh lebih keren. Jujur visit ke Kementerian Perdagangan itu juga salah satu impianku,” kesannya.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up