Jakarta, 1 Agustus 2024-Indonesia Student and Youth Forum menyelenggarakan “Parliament Visit” sebagai bagian dari rangkaian Forum Pelajar Indonesia ke-13, Kamis (1/8). Berbeda dari tahun sebelumnya, Parliament Visit tahun ini mengunjungi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) serta disambut langsung oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

Hidayat menyambut dengan tangan terbuka 196 pelajar terpilih di Ruang Sidang Utama Nusantara V. Ia juga mengapresiasi para guru pendamping delegasi yang tergabung dalam rombongan Forum Pelajar Indonesia ke-13.

“Selamat datang para pelajar di Gedung Parlemen Republik Indonesia,” tuturnya berseri-seri, Kamis (8/1).

Selanjutnya, Hidayat mengaitkan slogan “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” yang diusung dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 dengan sejarah perjuangan para pemuda Indonesia di masa lampau. Salah satunya sejarah pembentukan panitia sembilan guna mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Menjelang kemerdekaan, tepatnya 1 Juni 1945, terbentuklah para pejuang kemerdekaan yang dinamakan panitia sembilan. Sembilan pemuda itu merupakan terpelajar yang ahli di bidangnya masing-masing yang memformulasikan cita-cita Indonesia merdeka.

“Sembilan tokoh yang berbeda latar belakang itu bersatu, memiliki kemampuan atau daya, lalu kemudian merumuskan Pancasila sebagai dasar negara, serta merencanakan penyusunan segera Undang-Undang Dasar 1945,” terang Hidayat.

Hidayat kemudian menegaskan kutipan bahwa “Kita semua diciptakan oleh sejarah”. Maka dari itu, ia berharap para pelajar dapat mengulang sejarah keemasan Indonesia tersebut.

“Siap untuk mengulang sejarah keemasan Indonesia?” ujarnya.

“Siap!!” sahut para pelajar terbaik Indonesia kompak.

Dalam sesi tersebut, Ketua Pelaksana Forum Pelajar Indonesia ke-13 Putra Ansa Gaora melaporkan bahwasanya para pelajar telah membuat esai sebagai persyaratan pendaftaran. Kemudian, tulisan-tulisan tersebut telah dikompilasi dalam antologi bertajuk “Gagasan Pelajar untuk Indonesia Emas”.

Setelah sambutan dan pemarapan selesai, agenda Parliament Visit dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif. Para peserta berlomba-lomba mengangkat tangan dan mengambil kesempatan untuk berdialog langsung dengan Wakil Ketua MPR.

Pemberian plakat dan buku “Gagasan Pelajar untuk Indonesia Emas” menandakan berakhirnya agenda Parliament Visit hari ketiga Forum Pelajar Indonesia ke-13. Para peserta dan panitia menyempatkan diri untuk berfoto bersama di Gedung Nusantara atau kerap dikenal dengan Gedung Kura-Kura.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up