Jakarta, 31 Juli 2024-Agenda ketiga di hari kedua Forum Pelajar Indonesia ke-13 adalah kunjungan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tema “Youth Against Corruption”, Selasa (31/7). Ketua KPK, Nawawi Pomolango beserta Nurul Ghufron selaku Wakil Ketua KPK menghadiri secara langsung kegiatan bersama peserta dari seluruh Indonesia itu.

Nawawi mengapresiasi para peserta yang sangat konsen terhadap isu Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) sejak dini. Ia mengaku senang akan keaktifan peserta saat sesi tanya jawab serta keberagaman isu yang mereka bawakan.

Selain itu, Nawawi memaparkan langkah-langkah menjadi generasi anti-korupsi. Salah satu pesannya terkait sembilan nilai anti-korupsi yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.

Ghufron menambahkan beberapa langkah menghindari korupsi untuk para peserta Forum Pelajar Indonesia ke-13, yakni taat aturan dan tidak menyontek di sekolah. Ia juga berharap para pelajar mau bergandengan tangan bersama KPK untuk memberantas korupsi.

“Jangan kotori proses pendewasaan dengan kecurangan dan pengkhianatan, itulah bibit-bibit korupsi. Hiasilah hal itu dengan kejujuran, kedisiplinan, daya juang, kesederhanaan, dan sebagainya,” tutur Ghufron, Selasa (31/7).

Terkait KKN, Ghufron menilai hal itu bukan sebagai budaya, melainkan kebiasaan buruk. KKN biasanya diawali dengan hal-hal kecil seperti membuat SIM dari jalur orang dalam. Maka, para pelajar perlu berjanji pada diri sendiri agar selalu bersikap jujur.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up