Jakarta, 31 Juli 2024-Indonesia Student and Youth Forum menggelar pembukaan Forum Pelajar Indonesia ke-13 di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rabu (31/7). Rangkaian kegiatan dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Balairung Soesilo Soedarman.

Laporan kegiatan dari Putra Ansa Gaora selaku Ketua Pelaksana Forum Pelajar Indonesia ke-13 mengawali agenda pembukaan yang dihadiri 196 peserta dari seluruh Indonesia itu. Dalam laporannya, Ansa menyampaikan bahwa esai para peserta terpilih Forum Pelajar Indonesia ke-13 telah dibukukan dalam antologi bertajuk “Gagasan Pelajar untuk Indonesia Emas”.

Ada pula sambutan oleh Direktur Eksekutif ISYF Rizky Nugraha Putra Alka. Ia mengucapkan terima kasih pada Menteri Sandiaga atas kesediaannya menghadiri pembukaan Forum Pelajar Indonesia ke-13. Selanjutnya, penampilan tari daerah oleh Borcess Ashokal Hajar (BOASH) Art turut memeriahkan pembukaan Forum Pelajar Indonesia ke-13.

Sebagai puncak acara, Sandiaga memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi rangkaian kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-13. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi penyelenggaraan Forum Pelajar Indonesia ke-13 serta memberikan ucapan selamat kepada para pelajar terpilih.

“Selamat mengikuti rangkaian kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-13,” tuturnya, Selasa (31/7).

Menurut Sandiaga, ketiga slogan yang diusung dalam FOR 13 yaitu “Bersatu, Berdaya, Berkarya” merupakan kunci mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Bersatu adalah tonggak utama yang menyatukan kekuatan pemuda di tengah keberagaman suku dan agama di Indonesia.

Selanjutnya, berdaya adalah dasar keberanian bertindak, kemampuan beradaptasi, serta ketahanan untuk berkolaborasi dalam menghadapi rintangan. Lalu, tanpa berkarya, pemuda tidak akan mampu mencapai Indonesia Emas 2045.

“Indonesia Emas 2045 juga akan dicapai dengan 3Si yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi sebagai tulang punggung kemajuan,” pesannya, Selasa (31/7).

Setelah menyampaikan sambutan, Sandi membuka secara seremonial rangkaian kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-13. Pemukulan gong menjadi pertanda berlangsungnya Forum Pelajar Indonesia ke-13 sejak 31 Juli hingga berakhir pada 4 Agustus 2024.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up