Taman Mini Indonesia Indah, 30 Juli 2024-Forum Group Discussion (FGD) merupakan salah satu pilar dalam agenda Forum Pelajar Indonesia ke-13. Forum tersebut menjadi ruang bagi peserta untuk bertukar pikiran, pengalaman, dan wawasan mengenai isu-isu yang ada di sekitar. Dalam sesi itu pula, para peserta lebih leluasa membangun jaringan karena interaksi antarindividu yang aktif di dalamnya.

Konsen Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) akan pentingnya hal itu terlihat dari eksistensi FGD di hari pertama hingga keempat. Selasa malam (30/7), para peserta siap berkumpul di Ruang Bima Wisma Remaja TMII untuk agenda perkenalan panitia, sosialisasi rundown, dan diakhiri dengan FGD sesi pertama.

Setelah dua agenda selesai, Achmad Fathullah atau Atha kembali memandu pemilihan kelompok FGD. Bukan pemilihan biasa, peserta diwajibkan memindai barcode dan mengikuti instruksi yang ada dalam Google Formulir.

Selepas mengisi formulir, para peserta mulai menirukan gestur unik seperti menjadi vampir, berjoget pargoy, hingga berdendang ”Oke gas!” yang menjadi penanda masing-masing kelompok. Permainan belum selesai, para peserta kembali diacak timnya sesuai nomor urut hingga terbagilah peserta menjadi lima kelompok.

“Jadi teman-teman sekarang sudah terbagi jadi lima kelompok besar dengan isu pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi dan entrepreneurship, serta sosial-budaya dan politik,” terang Atha, Selasa (30/7).

Agenda dalam FGD pertama usai di pembagian kelompok. Para peserta akan mulai berdiskusi pada Rabu (31/7). Setelah itu, masing-masing perwakilan delegasi diberikan kesempatan untuk mengungkapnya kesan dan pesan di hari pertama FOR 13.

Tradisi rutin yang tidak ditinggalkan sejak FOR sebelumnya adalah menonton video recap bersama seluruh peserta dan panitia FOR 13. Agenda tersebut menjadi penanda berakhirnya rangkaian kegiatan di hari pertama.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up