Taman Mini Indonesia Indah, 30 Juli 2024-Puluhan peserta terpilih Forum Pelajar Indonesia ke-13 memadati lobi Wisma Remaja Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (30/7). Para peserta datang secara individu maupun berkelompok dengan rekan se-delegasi. Keceriaan tampak di wajah para peserta setelah sebelumnya hanya bertemu satu sama lain melalui daring saja.

Antrian peserta mengular di depan meja registrasi depan Ruang Arjuna, mereka diwajibkan mengumpulkan beberapa berkas dan makanan khas daerahnya masing-masing. Berbagai jenis makanan seperti kerupuk, kacang-kacangan, hingga makanan manis terjejer rapi di belakang barisan panitia. Di akhir antrian, para peserta mendapatkan kaos serta forum kit berisi id card, buku tulis, dan pulpen.

Setelah melakukan registrasi, peserta dipersilakan untuk berinteraksi satu sama lain dan berjalan-jalan di sekitar TMII sembari menunggu kegiatan pertama dimulai. Terlihat para pelajar berpose sendirian maupun berkelompok di sekitar Wisma Remaja.

“Setiap momen menarik tentulah harus diabadikan melalui jepretan lensa,” kira-kira motto itulah yang peserta pedomani, tak terkecuali oleh tiga pelajar terbaik asal Provinsi Riau. Atthya Aneila Khairinniswa, Qanita Fayza Azmina, dan Azra Hafizzah menyempatkan foto bersama teman-teman delegasi lain sesampainya di Wisma Remaja TMII.

Atthya bersama teman-temannya menempuh perjalanan ke Jakarta menggunakan pesawat pada Senin malam. Malam itu, mereka menginap di rumah tante Atthya daerah Bekasi. Paginya, barulah mereka menuju lokasi kegiatan bersama-sama.

Ketiga pelajar putri asal Riau itu mengaku sangat antusias menyambut kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-13. Azra menuturkan, dua hingga tiga hari sebelumnya, mereka mulai mempersiapkan segala kebutuhan. Mulai dari persiapan baju adat, penampilan daerah, hingga makanan khas Riau yang hendak dibawa.

“Kami bawa makanan khas Riaunya itu bolu kemojo, keripik nanas, dan kue bakir. Terus nanti kami tampilnya nyanyi zapin melayu. Ditunggu yaa semuanya,” ungkap Qanita berseri-seri, Selasa (30/7).

Setelah proses registrasi selesai, peserta diinformasikan terkait pembagian kamar dan segera memasuki kamarnya masing-masing. Mereka diharuskan mempersiapkan diri untuk orientasi Forum Pelajar Indonesia ke-13 dan agenda bersama Peace Generation.

Tentang Forum Pelajar Indonesia

Forum Pelajar Indonesia merupakan agenda tahunan Indonesia Student and Youth Forum yang melibatkan 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang memiliki kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang bagi pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman antarsesama, serta bertemu berbagai pemangku kebijakan untuk menyampaikan aspirasi kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, berbagai organisasi masyarakat sipil serta media. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan antara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Cultural Festival, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inagurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Focus Group Discussion, Hi Alumni dan lain-lain.

Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang didukung penuh oleh Pertamina sebagai sponsor utama berlangsung di Jakarta pada 30 Juli-4 Agustus 2024. Tema “Bersatu, Berdaya, Berkarya!” dipilih dengan harapan bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar, menguatkan daya saing, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Para pelajar yang berpartisipasi dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 berjumlah 196 dari 34 provinsi.

Reporter: Shaumi Diah Chairani

keyboard_arrow_up