Bidar, Perahu Hias, dan Telok Abang: Simbol Uniknya Perayaan Kemerdekaan di Kota Palembang

Oleh: Syafina Amorita Candini

Memasuki usia ke-72 tahun, Indonesia bukan lagi dicap sebagai bangsa yang baru saja merdeka. Selama itu pula, untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, masyarakat di seluruh penjuru nusantara kerap mengadakan berbagai perlombaan seperti Lomba Panjat Pinang, Lomba Makan Kerupuk, Lomba Kelereng dalam Sendok, dan lain sebagainya. Perlombaan-perlombaan tersebut identik dengan gambaran perjuangan para pahlawan yang bersusah payah merebut kemerdekaan Indonesia. Uniknya di Kota Palembang, ada perlombaan yang dikemas secara berbeda dari kota-kota lainnya di Indonesia yakni lomba Bidar dan perahu hias.

Lomba Bidar dan perahu hias diselenggarakan di Sungai Musi tepatnya di dekat Jembatan Ampera sehingga wisatawan dapat disuguhkan ikon kebanggaan Palembang tersebut sembari menonton perlombaan di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang. Biasanya, perlombaan mulai digelar setelah upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia dan didahului dengan karnaval perahu motor hias. Kita dapat melihat indahnya perahu motor yang dihias sedemikian apik untuk menonjolkan corak budaya tradisional Palembang—misalnya perahu yang dihias dengan motif kain songket Palembang atau dihias dengan bentuk Jembatan Ampera. Setelah itu, kita dapat menyaksikan Lomba Bidar yaitu lomba dayung perahu tercepat di Sungai Musi.

Keunikan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Palembang tidak hanya sebatas perlombaan, di Palembang juga terdapat tradisi Telok Abang yang dalam bahasa Indonesia berarti telur merah. Telur itik/ayam rebus yang dicat berwarna merah ini dijual bersama miniatur gabus dari perahu hias dan tak luput diberi bendera merah putih kecil di atasnya sebagai penanda bahwa Indonesia telah merdeka. Miniatur gabus Telok Abang ini sangat menarik perhatian anak-anak dengan kisaran harga yang relatif murah. Dahulu di Kota Palembang, penjualan Telok Abang ini hampir dapat ditemukan di mana-mana. Namun sekarang, penjualan Telok Abang banyak ditemukan di sekitaran pasar 26 ilir atau di daerah yang dekat dengan Benteng Kuto Besak.

Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Palembang pada saat peringatan HUT Kemerdekaan RI? Lalu, tradisi unik apa yang ada di kotamu ketika HUT Kemerdekaan RI?

Sumber:

http://hellopalembang.com/tradisi-telok-abang-perahu-bidar-palembang/

Sumber gambar:

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1875978/lomba-perahu-bidar-jejak-ratu-belanda-di-palembang

http://bulletinmetropolis.com/home/?p=18288

 

keyboard_arrow_up